Selasa, 19 Desember 2017

Contoh proposal E-Business

BAB I
PENDAHULUAN

Nama website                                     BFF Online Shop
Bidang Usaha                                      :  Game, Komputer dan aksesoris komputer
Alamat Perusahaan                             :  Glinggangsari, Bayudono, Boyolali
Nomor Telepon                                   :  083128014792

A.       Identifikasi Peluang Bisnis
Website sebuah situs yang sudah tidak asing lagi pada tahun 2017 dan sudah banyak yang memiliki smart phone yang bisa di gunakan untuk mengakses suatu situs website dengan cepat dimana saja dan kapan saja. Sebuah website jual beli menyediakan banyak barang yang dibutuhkan oleh konsumen atau pun pengunjung website tersebut.
Ada banyak sekali website sekarang ini sebagai contoh : Lazada, Tokopedia, OLX, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penulis membuat proposal yang dimana nanti bisa untuk di jalankan secara real agar mendapatkan penghasilan berupa uang maupun dolar, dari produk maupun iklan yang tampil di website tersebut.

B.        Penjelasan Produk
Cara memasarkan produk maupun membuat website olshop tidak berbeda jauh dengan membuat dan memasarkan pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1.      Membeli domain dan hosting yang dimana nanti di gunakan untuk website agar bisa di akses oleh user atau pengunjung
2.      Mengaikan website dengan iklan iklan baik itu adsense, revenuehits dan lain sebagainya agar bisa mendapatkan dollar dari pengunjung dengan iklan
3.      Berkerja sama dengan toko-toko computer untuk pemasaran produk dari toko tersebut agar mendapatkan pelanggan
4.      Memberikan pilihan pembayar kepada pelanggan
C.    Latar Belakang Bisnis
Alasan kami website ini adalah karena saat ini semakin banyak masyarakat yang mempunyai smartphone, laptop, computer maupun alat elektronik untuk mengakses internet dimana saja kapan saja baik itu siang maupun malam. Oleh karena  itu penulis mendapatkan ide untuk membuat website jual beli yang bisa membantu pelanggan untuk melaksanakan transaksi dimana pun dan kapanpun dan juga menghasilkan uang bagi penulis sendiri.

D.     Tujuan
a.       Mendapatkan keuntungan dari website ini
b.      Mengenalkan Dunia Komputer kepada masyarakat umum
c.       Membantu para gamers dengan kebutuh alat-alat game maupun game terbaru

E.     Potensi Bisnis
Website ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena internet sudah tidak asing lagi adan juga mudah untuk didapatkan ini sangat membantu sehingga user dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari internet maupun penulis dapat memasarkan produk di internet sehingga dapat di lihat seluruh dunia tanpa terkecuali




BAB  II
PEMBAHASAN

A.    ANALISIS SWOT
1.      Faktor Internal
A.  Strength (Kekuatan)
Kami menawarkan game, computer maupun aksesorsi komputer dengan harga yang bersahabat.
B.  Weakness (Kelemahan)
Belum memiliki cukup pengalaman, Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
2.      Faktor Eksternal
A.    Opportunities (Peluang)
Banyaknya masyarakat yang memiliki smartphone dan melakukan pembelian secara online berbagai produk melalui media online diseluruh dunia.
B.     Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah kepercayaan pengunjung. Terkadang masyarakat atau pengunjung kurang percaya dengan website jika tidak ada berbagai test moni tentang website tersebut.
STRATEGI SWOT     Strength
a.       Banyaknya toko-toko yang mau berkerjasama
b.      Smartphone dan internet yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat
c.       Transaksi yang bisa dilakukan secara cepat dan dimana saja
d.      Pengiriman keseluruh Indonesia maupun dunia secara cepat




B.     PERENCANAAN BISNIS
1.      Sasaran dan Target
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia, terutama bagi para gamers muda dan bebakat untuk meningkatkan keakuratannya saat bermain game maupun melakukan kompetis game, dan mengenalkan berbagai produk komputer terbaru dan terupdate.
2.      Pembiayaan
a.    Membeli Hosting dan domain        = Rp 400.000,00
b.    Koneksi internet                             = Rp 2.000.000 pemasangan,
Rp 300.000,00/bulan
C.    STUDI KELAYAKAN
1.      Lokasi
Untuk lokasi penulis membuat stand utama di Glinggangsari Bayudono Boyolali agar jika ada pelanggan mau untuk ketemuan baik itu cod barang bisa langsung ke situ jika tidak ingin biaya tambahan untuk pengiriman paket.
2.      Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan website, kami juga memanfaatkan berbagi media soaial seperti, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan produk.

D.    REAL BUSINESS PLAN
1. Rencana Manajemen
a. Strategi pemasaran
Untuk mendapatkan produk penulis bekerja sama dengan toko-toko untuk memasarkan atau mengenalkan produk ke masyarakat melalui website yang penulis buat, dan memberikan diskon akhir bulan dengan bekerja sama dengan toko offline baik itu untuk game, computer maupun aksesoris computer.


b. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat stand. Contohnya di Boyolali. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.

2. Strategi Produksi
Dengan bekerja sama dengan toko-toko offline untuk mendapatkan barang yang akan dipasarkan ataupun di jual di website online.

3. Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran penulis. Harga sesuaikan dengan harga dari toko dan penulis mengambil keuntungan.

4. Rencana Pengembangan Produksi
a. Memperluas wawasan dibidang komputer
b. Mengenalkan dunia computer bagi masyarakat umum
c. Meberikan Update terbaru setiap harinya harga produk-produk yang di tawarkan
d. Analisis resiko usaha dan antisipasinya
BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Website dan internet merupakan hal yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat pada umumnya hampir semua orang memiliki dan mengakses website dan terutama untuk melakukan jual beli memalui media online yang dapat diakses dimana saja kapan saja dimana saja dan melakukan jual beli secara aman, nyaman dan bengiriman barang keseluruh penjuru dunia sehingga dapat menjadi peluang usaha untuk menghasilkann uang dari internet.

B.     Saran

Produk kami mengutamakan kepada unsur kepercayaan. Sehingga kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah moto kami. Oleh karena itu mendapatkan kepercayaan adalah keunggulan bagi website kami dan barang yang kami tawarkan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Tunggu Postingan Berikutnya Update seminggu 2 kali lo

 
Octafian Andi hermawan | Gamers