Rabu, 13 Desember 2017

Pengertin Bussiness to Bussiness (B2B, B2C, C2C, C2B, B2A, C2A, O2O)

Jenis/model transaksi elektronik
Pengertian
Karakteristik
contoh
Bussiness to business (B2B)
Aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pel
aku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya
Menggunakan sebuah met
ode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan
PT Krakatau Steel (www.krakatausteel.com)
  Unilever (www.unilever.co.id/id/)
Bussiness to Costumers (B2C)
Aktivitas e-business yang dilakukan produsen kepada
konsumen dengan menggunakan media elektronik secara langsung
Konsumen dapat melakukan pemesanan secara langsung karena
produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual.
Electro-
nic cash dan secure payment
Cosumers to Cosumers (C2C)
Aktivitas bisnis (penjualan) yang dilakukan oleh in
dividu (konsumen) kepada individu (konsumen) lainnya.
Dapat dil
akukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang memungkinkan
hal tersebut
ebay,tokobagus.com dan kaskus
Cosumers to Bussiness (C2B)
Model bisnis di mana konsumen (individu) menciptakan
dan membentuk nilai akan suatu produk dan perusahaan menggunakan
nilai ini.
Melihat ide konsumen sebagai suatu input bagi produ
sen dalam melakukan produksi.
MBT (www.mybloggerthemes.com)
Bussiness to Administration (B2A)
Jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik.
Melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.
www.pajak.go.id, www.allianz.com dan www.bpjs-online.com.
Cosumers to Administration (C2A)
Jenis E-Commerce yang meliputi transaksi elektronik antara individu dan administrasi publik
Meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik.
Pendidikan – penyebaran informasi, proses pembelajaran jarak jauh, dan lainnya
Jamsostek – penyebaran informasi, pembayaran, dan lainnya
Pajak – pengajuan pajak, pembayaran pajak, dan lainnya
Kesehatan – janji pertemuan, informasi mengenai penyakit, pembayaran layanan kesehatan dan lainnya
Online to offline (o2O)
Suatu konsep e-commerce yang menghubungkan antara saluran online dan offline (toko fisik). O2O menarik pengguna/pelanggan melalui media online seperti email, iklan internet, ataupun media sosial, kemudian mengajak pelanggan tersebut untuk melakukan pembelanjaan secara offline.
Menggunakan media online untuk melakukan business seperti email, iklan, internet maupun media sosial
Groupon
taksi online (Uber, Grab, GoJek)


0 komentar:

Posting Komentar

Tunggu Postingan Berikutnya Update seminggu 2 kali lo

 
Octafian Andi hermawan | Gamers